Terbaru

Buku Pelajaran Bahasa Arab Kelas 2 MI / Madrasah Ibdtidaiyah

buku-bahasa-arab-MI-kelas-2Bahasa Arab Dasar Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2
Judul Arab : al-Kitabul Asasi, Silsilatu ad-durusi al-‘arabiyyah
Penyusun : Abu Abdillah Salim
Penerbit : At-Tuqa
Ukuran : 16 x 24 cm, cover uv, tebal : 168 halaman

Sinopsis

Ini adalah buku pelajaran bahasa arab untuk kelas 2 madrasah ibtidaiyyah yang merupakan baku kedua dari kitab asasi yang diperuntukkan bagi putra putri di sekolah, pondok-pondok pesantren, dan di manapun mereka berada.

Buku ini terdiri dari 18 pelajaran dan dibagi ke dalam dua semester; semester pertama dan semester kedua. Pada semester pertama materi pelajaran terfokus pada pengenalan bentukan-bentukan fiil tsulatsi dengan ketiga macamnya, yaitu fiil madhi, mudhari dan amr yang berasal dari fiil-fiil shahih salim.

Setiap pelajaran dimulai dengan menyebutkan 8 buah fiil dengan ketiga jenisnya (fiil madhi, mudhari, dan amr), Kemudian diketengahkan setelahnya sejumlah latinan yang bervariasi berkisar pada fiil-fiil tersebut, baik secara tertulis, bacaan, mengurai dan merangkai kata,sesuai dengan metodologi ilmiah yang jelas yang disinkronkan dengan tingkatan ini.

Pada semester kedua, materi pelajaran terfokus pada isim isyarat, dan pembelajaran isim dengan kedua macamnya; yaitu isim mudzakkar dan isim muannats dalam lingkup jumlah ismiyyah yang sederhana.

Berikut ini adalah paparan secara ringkas dalam buku pelajaran bahasa arab untuk kelas 2:

  1. Penyampaian materi pelajaran secara berjenjang dimulai dari fiil-fiil yang datang dengan wazan (fa’ala ~ yaf’ulu), kemudian fiil-fiil yang datang dengan wazan (fa’ala ~ yaf’ilu) dan seterusnya. Dan diakhiri pembahasan semester pertama dengan mengetengahkan beberapa fiil ajwaf dan naqis karena fiil-fiil tersebut banyak dipakai,dan untuk memenuhi kebutuhan teks-teks bahasa arab yang akan disebutkan pada jenjang berikutnya. Jumlah kosakata fiil di dalam buku ini sekitar 72 buah fiil, kalau dirata-rat jumlahnya adalah 8 buah fiil dalam satu pelajaran.
  2. Penyampaian materi isim isyarat
  3. Penambahan kosakata baru kepada para siswa dan siswi
  4. Pemberian latiahan yang banyak dengan cara yang mudah dan sederhana serta bervariasi.
  5. Melatih siswa dan siswi untuk menulis huruf hijaiyyah dalam bentukan yang bervariasi.
  6. Mencantumkan daftar kosakata dan artinya di akhir setiap pelajaran.
  7. Pemberian latihan umum di akhir setiap semester.
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates